Cara Menggunakan Aplikasi Google Classroom

Cara Menggunakan Aplikasi Google Classroom

Cara Menggunakan Aplikasi Google Classroom Bagi Pelajar  – Aplikasi google classroom lah salah satu aplikasi yang banyak di gunakan saat Wabah virus baru-baru ini telah memaksa banyak sekolah dan institusi kampus untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah tanpa bertatap muka.

Akhirnya, guru dan dosen harus mulai menemukan solusi untuk berbagi tugas, mengelola kelas mereka, berkomunikasi dengan siswa, dll.

Semakin banyak guru menemukan jalan mereka ke Google Classroom. Pelajaran virtual cerdas yang kurang fokus pada teknologi dan lebih pada pengajaran. Anda tidak harus menjadi profesional teknologi untuk menangani kelas ini.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan apa itu Google Classroom, dan apa yang dapat atau tidak bisa Anda lakukan dengannya. Selanjutnya, Anda akan belajar bagaimana mengatur ruang kelas Anda dan memberi Anda beberapa aplikasi hebat yang dapat Anda gunakan dengan Google Classroom.

Apa itu Google Classroom?

Google Classroom adalah aplikasi gratis yang dirancang oleh – Guess – Google. Google Classroom membantu guru dan siswa berkomunikasi dan dapat digunakan untuk mengatur dan mengelola tugas, tanpa kertas, untuk kolaborasi siswa-guru, dll! .

Ini terintegrasi dalam Google Documents dan Google Drive, yang artinya mudah digunakan dan intuitif untuk setiap guru. Tapi ini bukan berarti membosankan. Google Classroom penuh kejutan yang akan Anda temui dalam memproses pesanan ini. Semoga posting ini membantu Anda memulai dengan dasar-dasar cara menggunakan Google Classroom.

Apa yang dapat Anda lakukan dengan Google Classroom

Jadi ini mungkin pertanyaan yang paling penting. Mengapa menggunakan Google Classroom? Apa untungnya bagi Anda?

Pertama-tama, aplikasi ini sepenuhnya gratis. Anda tidak perlu meningkatkan ke Edisi Profesional yang akan dikenakan tagihan. Ingat, aplikasi ini gratis untuk pendidikan.

Setelah menyiapkan kelas, Anda bisa mulai. Anda akan menemukan cara mengatur akun Google Class Anda hanya dalam beberapa menit. Pertama, izinkan saya menunjukkan kepada Anda mengapa Google Classroom sangat penting untuk Anda ketahui. Berikut adalah daftar hal yang dapat Anda lakukan dengannya:

Add announcements and lesson material : Berikan iklan kepada siswa Anda tentang pelajaran Anda. Tambahkan materi pelajaran ke iklan. Dengan cara ini, siswa dapat menemukan segalanya dengan cepat. Anda dapat menambahkan materi dari Google Drive, menelepon pelajaran Google Classroom, menambahkan file dan foto dari komputer Anda, menambahkan video YouTube, atau menambahkan tautan lain yang ingin dikunjungi siswa Anda. Sangat mudah!

Menambahkan tugas: Sama seperti menambahkan iklan, Anda dapat menambahkan tugas ke kursus Anda. Ini bekerja dengan cara yang sama, tetapi di sini Anda mendapatkan opsi untuk menambahkan tanggal jatuh tempo. Ini akan memberi tahu siswa Anda kapan mereka harus mengerjakan pekerjaan rumah dan ini juga akan muncul di kalender mereka.

Nilai dan Tugas: Setelah ini, Anda dapat memeriksa dan memperkirakan pekerjaan rumah yang diajukan oleh siswa. Ada ruang untuk komentar oleh komentar guru. Kemudian, kirim tugas ke siswa Anda.

Manajemen siswa : Tentu saja, siswa harus dapat berbagi komentar. Atau tidak? Semuanya terserah Anda! Anda dapat mengelola izin, memberi siswa kemampuan untuk mengirim dan berkomentar, atau hanya berkomentar, atau memberi guru kemampuan untuk mengirim dan berkomentar saja. Anda juga dapat mengirim email ke siswa Anda secara individual.

Hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan dengan Google Classroom

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mulai menggunakan Google Classroom karena alasan yang salah. Ini adalah platform pendidikan online, tetapi tidak untuk beberapa:

Kotak Obrolan: Anda dapat mengomentari tugas dan iklan, tetapi tidak ada fungsi obrolan. Jika Anda ingin melakukan kontak langsung dengan siswa Anda, Anda dapat mengirim email kepada mereka, atau Anda dapat mengaktifkan aplikasi Google lainnya untuk mengambil alih pekerjaan ini.

Tes atau Alat Uji: Ada banyak kemungkinan untuk mengikuti ujian di Google Classroom, tetapi masih belum dimaksudkan sebagai alat pengujian. Ada banyak aplikasi bagus lainnya untuk itu. Opsi 1: Anda dapat menambahkan kuis dan tugas dari aplikasi pendidikan lainnya langsung di Google Classroom. Opsi 2: Inilah yang dapat Anda lakukan di dalam Google Classroom itu sendiri: Tambahkan pertanyaan. Kemudian pilih antara jawaban terbuka atau pertanyaan pilihan ganda. Tidak terlalu menyentuh, saya tahu. Yang terbaik adalah memilih opsi pertama jika Anda ingin membuat bab digital Anda lebih interaktif.

Forum diskusi: Anda dapat membuat pengumuman, dan siswa dapat benar-benar mengomentarinya, tetapi tidak pantas untuk diskusi. Lihat TodaysMeet jika Anda mencari alat saluran belakang yang sederhana namun kuat.

Nah, Anda telah mencapai sejauh itu. Ini berarti bahwa Google Classroom harus bermanfaat bagi Anda. Anda akan mengaturnya dengan mudah dan sangat intuitif untuk terus menggunakannya. Ikuti langkah-langkah ini untuk

Cara Menggunakan Aplikasi Google Classroom

1. Mendaftar Akun Google Classroom

Saat memasuki class.google.com, Anda dapat menggunakan Classroom dengan masuk dengan alamat email G Suite Anda, atau Anda dapat menggunakannya tanpa “meminta” untuk digunakan dalam pendidikan. Semuanya bekerja dengan baik juga. Sulit untuk mengelola siswa Anda jika Anda memiliki ratusan siswa. Anda harus menambahkannya satu per satu.

2. Buat kelas pertama Anda

Klik “+” di sudut kanan atas. Pilih “Buat kelas satu”. Di sini, isi beberapa informasi terperinci tentang kelas Anda. Tulis nama dan kelas yang bagus untuk kelas tersebut. Nama kelas harus menjadi judul kelas Anda sehingga Anda dapat menemukannya lagi dalam beberapa detik. Kemudian klik “Buat.”

3. Undang siswa ke kelas Anda

Setelah membuat kelas, Anda dapat mengundang siswa Anda. Izinkan mereka untuk masuk menggunakan aplikasi Google Classroom dengan memasukkan kode unik yang Anda berikan. Anda akan menemukan simbol di bab yang telah Anda buat. Buka tab “Siswa”. Pilihan lain adalah mengundang siswa satu per satu dengan memasukkan alamat email mereka.

Sekarang kursus online Anda sudah siap! Setidaknya itu ada, dan semua orang dapat mengaksesnya. Ada banyak hal lain yang harus Anda lakukan sebelum Anda benar-benar dapat memulai cara menggunakan Google Classroom.

  • Buat tugas pertama Anda atau buat pengumuman. Klik tombol “+” di bawah tab “Perbarui”. Jangan lupa untuk memberikan nomor misi Anda. Sangat mudah bagi siswa untuk melihat mana yang lebih dulu karena Anda tidak dapat mengatur ulang tugas di aliran. Klik judul untuk melihat apakah siswa mengirimkan tugas dan menyerahkan nilai dan komentar. Setelah itu, Anda dapat mengembalikan tugas kepada siswa Anda sehingga mereka dapat mulai mengedit lagi.
  • Tambahkan beberapa topik ke pekerjaan rumah / kelas Anda. Tambahkan materi dari Google Drive atau tambahkan video dan file YouTube dari komputer Anda, tautan, dll. Anda akan menemukan opsi ini langsung di bawah tanggal jatuh tempo. Jika Anda hanya ingin membagikan presentasi kelas Anda, yang tidak terkait dengan pekerjaan rumah, Anda dapat membuka tab “Tentang”. Di sini Anda dapat menambahkan beberapa topik seperti slide, artikel, dan contoh menarik.
  • Akses folder Drive. Setiap kali Anda membuat ruang kelas baru, Google Classroom membuat folder Drive untuk kelas itu. Anda dapat mengakses folder dengan membuka semua kotak kelas Anda. Di setiap kotak, Anda akan menemukan ikon folder. Klik di atasnya saat Anda berada di folder. Di sini Anda dapat menambahkan materi kelas juga. Semua tugas Anda berakhir secara otomatis di folder Google Drive, jadi Anda akan menemukannya lagi kapan pun Anda mau.

Anda dapat menambahkan hampir semuanya ke Google Classroom dengan tautan ke situs atau halaman. Meskipun ini tidak memungkinkan siswa untuk berinteraksi secara interaktif dengan aplikasi pada aplikasi. Ada banyak aplikasi yang memiliki tombol berbagi default untuk Google Classroom. Ini memudahkan siswa untuk membuka aplikasi melalui Google Classroom.

Demikianlah pembahasan tentang Cara Menggunakan Aplikasi Google Classroom Bagi Pelajar, jika ada pertanyaan mengenai pembahasan kita kali ini silahkan bertanya di kolom komentar ya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *